A Simple Sin

Devotion

A Simple Sin

11 December 2017

Bacaan: Roma 8 : 28-29

Pernah nggak sih kalian mengalami saat-saat ketika ingin sekali taat kepada Tuhan, tetapi banyak sekali halangan yang ditawarkan di sekeliling kita? Sebut saja: gadget, e-commerce yang sedang booming, instagram yang kita pantengi sepanjang hari, acara-acara hits, atau 1.001 macam hal yang membuat kita terlena dan go with the flow. Semua hal tersebut, saking serunya, membuat kita fokus pada kesenangan itu dan lalai dengan banyak hal.

Kita pikir wajar buat cek story instagram, atau cek e-commerce murah berjam-jam, wajar untuk anak muda nongkrong sembari main gadget di mana pun kita berada, wajar untuk menikmati masa muda yang dunia tawarkan. Tetapi tanpa kita sadari, di balik semua kewajaran yang remeh temeh tersebut, terdapat trade off besar yang kita lupakan: kita lebih fokus kepada diri kita daripada kepada Tuhan, dan ini adalah dosa. Dosa-dosa kecil ini dengan sengaja masuk dengan segala jubah kewajaran untuk menjerat kita lebih dalam ke kubangan dosa.

Tuhan kita mengatakan bahwa inti dari kekristenan bukanlah hidup yang berfokus kepada diri, melainkan hidup yang menyangkal diri, memikul salib, dan mengikuti Tuhan kita. Kewajaran yang sebenarnya dalam realitas bukanlah seperti yang kita pikirkan selama ini. Mari kita bersama-sama mencoba menjaga hati dan membebaskan diri kita dari semua kewajaran yang mengganggu kehidupan iman kita dalam mengikuti Kristus Yesus. Amin. (AA)