Badai dalam Perjalanan menuju ke Roma #2

Devotion

Badai dalam Perjalanan menuju ke Roma #2

5 April 2021

Bacaan: Kisah 27:24

Selain melihat Allah yang begitu bermurah hati menyelamatkan orang-orang yang tidak layak diselamatkan, kita juga melihat bahwa Paulus menjadi saluran berkat di atas kapal itu. Malaikat Allah tidak segan-segan mengatakan bahwa semua orang yang bersama-sama dengan Paulus akan selamat oleh karena Paulus. Seakan-akan Pauluslah alasan bagi Tuhan untuk menyelamatkan mereka.

Kondisi ini sungguh sangat berbeda dengan Yunus. Ketika Yunus berada di atas kapal menuju Tarsis, justru ia menjadi penyebab dari Tuhan menghadirkan badai. Sampai-sampai Yunus harus dibuang dari kapal, barulah badai menjadi reda. Berlawanan dengan kondisi Paulus, Tuhan menetapkan bahwa tidak boleh ada satu orang pun yang boleh melarikan diri dari kapal jika ingin selamat. Seakan-akan Tuhan mau mengatakan, “Jikalau engkau tidak bersama-sama dengan Paulus, maka engkau tidak mungkin akan selamat.”

Tentu saja kita tahu bahwa Paulus bukan sumber keselamatan, melainkan Tuhanlah sumber keselamatan. Akan tetapi Allah begitu berkenan kepada Paulus, sehingga orang-orang sekitar Paulus pun ikut merasakan berkat dari pelayanannya. Hal ini karena Paulus berespons akan panggilan Tuhan dengan benar. Paulus tidak melarikan diri ketika ia harus menghadapi badai dan kesulitan, justru ia menjalankan panggilannya dengan taat.

Sebagai orang Kristen kita dipanggil untuk berespons seperti Paulus, menunjukkan hidup yang mau dipimpin oleh Tuhan, ke dalam bahaya sekali pun. Dan ketika kita menjalankan panggilan kita dengan benar, seperti Paulus yang meneladani Kristus, hidup kita akan dipakai Tuhan untuk mendatangkan berkat bagi orang di sekitar kita. Pertanyaannya: ketika Tuhan memanggil kita untuk melayani-Nya, apa yang menjadi respons kita? Apakah kita menjadi seperti Yunus yang melarikan diri dan mendatangkan bencana bagi orang lain? Atau kita merelakan diri untuk taat seperti Paulus yang meneladani Kristus, sehingga menjadi berkat bagi orang-orang sekitar kita? (S)