Believe and Achieve

Devotion

Believe and Achieve

2 July 2018

Bacaan: Keluaran 17:8-16

“Believe and achieve”. Beberapa waktu lalu saya melihat kata-kata motivasi ini dan berpikir “Benarkah ketika saya percaya, saya akan mendapatkannya?” Kalimat ini memiliki lubang besar yang sangat tidak masuk akal. Mari kita ambil contoh, jika saya percaya dengan sungguh-sungguh besok saya akan mendapatkan uang sebesar 1 Miliar Rupiah, sungguhkah itu akan terjadi? Mustahil bukan? Bahkan bisa dibilang konyol untuk berpendapat demikian. Ya, frase ini menekankan mengenai iman di dalam kehidupan kita, tapi melupakan tanggung jawab yang harus kita lakukan.

Mari kita baca sekali lagi Keluaran 17:8-16. Di perikop ini, bangsa Israel sedang berperang melawan bangsa Amalek dan Musa sedang mengangkat tongkat dengan kedua tangannya di atas bukit. Jika frase believe and achieve  ini diterapkan oleh Musa dan bangsa Israel, maka bangsa Israel tidak akan maju berperang melawan bangsa Amalek dan hanya duduk-duduk di perkemahan menunggu kemenangan tersebut.

Beriman kepada Tuhan karena kita tahu Ia berdaulat adalah natur dari orang Kristen sejati, namun perlu kita ingat bahwa kita pun memiliki tanggung jawab dalam melakukannya. Seperti bangsa Israel yang beriman kepada Allah, mereka pun mengangkat pedang dan berperang di medan peperangan. Bukan karena mereka mengandalkan kemampuan diri mereka sendiri, tapi karena mereka mengandalkan kemenangan pasti dari Allah. Jika kita sungguh-sungguh orang Kristen yang beriman kepada Allah yang berdaulat, maka kita akan mengusahakan semaksimal mungkin dan menyerahkan hasilnya di tangan Tuhan. Ketika hasil itu sudah kita capai pun, seperti kemenangan bangsa Israel melawan bangsa Amalek, bukan kemampuan kita yang diagungkan, namun nama Tuhan yang dipermuliakan. Mari kita merenungkan sekali lagi seberapa dalam arti ora et labora dalam kehidupan rohani kita. (AES)