Bezaleel dan Oholiab

Devotional

Bezaleel dan Oholiab

26 June 2017

Bacaan: Keluaran 31:1-11

Tidak ada catatan yang lain tentang Bezaleel dan Oholiab di dalam Alkitab, selain ketika mereka dipilih untuk memimpin pengerjaan dari Rumah Allah. Tidak ada satu bagian pun yang menceritakan masa lalu mereka, begitu pula dengan kehidupan mereka setelah pekerjaan Kemah Suci selesai. Tidak satu detail pun Alkitab bagikan tentang kehidupan mereka; tidak tentang suka-duka mereka, tidak tentang kegagalan maupun angan-angan dan harapan mereka, bahkan tidak tentang keluarga dan karier mereka. Alkitab malah memilih untuk menceritakan tentang detail dari perkakas yang harus mereka buat. Seolah-olah Alkitab mau menegaskan dengan tegas bahwa “yang penting di situ itu bukan tentang detail hidup kamu, tapi yang penting itu detail tentang pembangunan Rumah Allah yang harus kamu perhatikan dengan saksama, gitu lho”. Demikianlah pernyataan Alkitab, bahwa hidup manusia hanya akan bermakna bila mereka hadir di dalam apa yang utama, yaitu membangun Rumah Allah.

Apakah dengan demikian, dalam kehidupan modern ini, kita tidak boleh merancang dan menikmati banyak fase kehidupan yang begitu indah? Bukankah hidup itu kaya warna dan tidak harus melulu soal Gereja dan Kerajaan Allah?

Belajar dari Bezaleel dan Oholiab, fase apa pun di dalam hidup kita akan sirna di dalam sejarah. Hanya fase-fase kehidupan yang dirancang di dalam garis pekerjaan Allah-lah yang akan tetap untuk selamanya; lihat mereka berdua, mereka akan terus dikenang karena, dan hanya karena, mereka berbagian di dalam membangun Rumah Allah. Bagaimana dengan kita? Mungkinkah sekali lagi kita merancang ulang hidup kita di dalam rangka untuk membangun Rumah Allah? (NT)