Rush Hour

Devotion

Rush Hour

1 April 2019

Bacaan: Yosua 1:7-8

Firman ini Tuhan berikan kepada Yosua saat Musa telah meninggal. Yosua diberikan sebuah pekerjaan yang sangat besar oleh Tuhan, yaitu membawa bangsa Israel menuju Tanah Perjanjian dengan menaklukkannya. Dari bagian ini, kita dapat melihat dengan jelas bahwa sebelum Tuhan memberikan suatu pekerjaan yang besar kepada Yosua, Tuhan terlebih dahulu memberikan “resep” yang harus diingat dan dijalankan.

Saat ini, ada banyak pekerjaan (besar) Tuhan yang dipercayakan kepada kita, baik dalam pelayanan di gereja maupun dalam profesi kita. Pekerjaan-pekerjaan ini Tuhan berikan langsung kepada kita. Saking banyaknya pekerjaan itu, sering kali waktu seakan-akan mengejar dan ingin menerkam kita. Sangat sulit mempunyai waktu yang cukup bahkan untuk sekadar menarik nafas panjang sesaat dan berdiam diri. 

Ayat ini mengingatkan kita kembali, hal yang harus terlebih dahulu kita lakukan dan cari, yakni setia merenungkan akan firman Tuhan. Inilah yang menjadi dasar dan kunci kita dapat menguatkan dan meneguhkan hati saat mengerjakan pekerjaan yang Tuhan percayakan, bukan dari kekuatan diri namun kekuatan yang Tuhan berikan melalui firman-Nya, dan keberhasilan sebagaimana janji dan kehendak Tuhan pun akan terjadi.

Maka, di masa rush hour ini, apakah kita sanggup terus setia dan merenungkan firman Tuhan siang dan malam. Dan percaya bahwa inilah satu-satunya sumber kekuatan dan keteguhan hati kita? (PP)