Tahun 2021 Tahun Vaksin!

Christian Life

Tahun 2021 Tahun Vaksin!

10 May 2021

Tidak dapat dipungkiri lagi, masa-masa ini adalah masa di mana di berbagai pelosok dunia membicarakan vaksin COVID-19. Semua orang mengharapkan dengan adanya vaksin melawan virus dapat menghapus pandemi COVID-19 yang sudah berjalan hampir setahun. Banyak orang memprediksikan bahwa akhir tahun 2020, virus SARS-CoV-2 akan mereda, tetapi malah sebaliknya yang terjadi, makin banyak orang yang tertular oleh si virus ini. Tak pelak lagi, menutup akhir tahun 2020, semua orang sangat berharap dengan munculnya vaksin COVID-19 agar bisa memberikan kelegaan. Semua berharap bahwa pandemi ini segera berakhir. Kita berharap, memasuki tahun 2021 vaksin tersebut dapat menolong kita keluar dari krisis karena pandemi ini. Berbagai negara berlomba-lomba untuk mendapatkan sejumlah vaksin untuk disuntikkan kepada rakyatnya. Pemerintah Indonesia bahkan menjamin bahwa vaksin COVID-19 akan disuntikkan secara gratis tanpa biaya satu sen pun. Semua itu dilakukan agar setiap orang mendapat kekebalan terhadap SARS-CoV-2, dan kalaupun kemudian terinfeksi SARS-CoV-2, maka risiko sakit berat atau bahkan meninggal, menjadi kecil.

Vaksin COVID-19 seolah memberikan pengharapan sejati bagi umat manusia. Seluruh fokus pengharapan kita nyaris seluruhnya ditujukan kepada vaksin COVID-19, sang penyelamat hidup kita. Kita lupa bahwa penentu hidup kita, yang bisa mencabut nyawa kita dan yang pasti memberikan pengharapan bagi hidup kita sesungguhnya hanyalah Allah Sang Pencipta dan Pemilik hidup manusia. Meninggalkan tahun 2020 dan memasuki tahun 2021, apakah yang kita tinggalkan dan apakah yang kita kejar? Banyak dari kita sangat ingin meninggalkan COVID-19 di belakang kita dan menyambut 2021 dengan kekebalan melalui vaksin yang kita terima. Pertanyaannya adalah adakah kita ingin meninggalkan kehidupan lama kita yang mendukakan hati Tuhan dan menyambut 2021 dengan semangat untuk hidup lebih baik lagi untuk menyenangkan hati Tuhan?

Semangat berharap kepada vaksin COVID-19 adalah semangat agar tubuh kita bisa bebas dari penyakit yang menakutkan itu dan mampu kembali hidup secara normal tanpa dihantui ketakutan akan kematian. Adakah kita juga memiliki semangat mengejar “vaksin rohani” sehingga kita punya kemampuan untuk makin hidup bagi Tuhan dan lepas dari kematian kekal? Mari kita menyambut tahun 2021 ini dengan semangat meninggalkan kematian kekal dalam dosa dan menyambut sepenuhnya hidup hanya bagi Tuhan! Selamat Tahun Baru! (DS)