Lima Sola Reformasi

Christian Life

Lima Sola Reformasi

3 June 2019

Save by grace alone through faith alone in Christ alone according to scripture alone for the glory of God alone. Kalimat ini mengingatkan kita akan lima sola yang dihasilkan Reformasi Gereja 500 tahun lalu. Mungkin sebagian dari kita pada hari ini tidak mengetahui bahkan bertanya-tanya apakah arti kelima sola tersebut.

1. Sola Gratia artinya grace alone, hanya anugerah. Ini berarti sebagai orang Kristen kita percaya bahwa keselamatan dan pembenaran yang kita peroleh semata-mata hanya karena anugerah Tuhan. Itu bukan hasil usaha atau kerja keras kita di dalam melakukan perbuatan baik, yang melaluinya kita layak mendapat upah berupa keselamatan dan pembenaran.

2. Sola Fide artinya faith alone, hanya iman. Ini berarti kita dibenarkan hanya melalui iman kepada Kristus. Hal ini dengan jelas dan tegas menentang ajaran yang mengajarkan bahwa kita dibenarkan bukan hanya melalui iman saja, melainkan juga membutuhkan perbuatan. Salah satu kutipan dari Alkitab yang mungkin sering digunakan untuk mendukung hal tersebut adalah Yakobus 2:26, “Sebab seperti tubuh tanpa roh adalah mati, demikian jugalah iman tanpa perbuatan-perbuatan adalah mati.” Ayat ini menyatakan perbuatan yang akan timbul dari iman yang benar kepada Kristus, namun tidak berarti perbuatan “berbagian” dalam pembenaran kita.

3. Solus Christus artinya Christ alone, hanya Kristus. Ini berarti hanya Kristuslah satu-satunya mediator (perantara) yang sanggup memulihkan hubungan kita dengan Allah. Selain Kristus tidak ada perantara yang sanggup memulihkan hubungan kita dengan Allah, baik itu para orang suci, rabbi, imam, paus, pendeta, dan lain-lain.

4. Sola Scriptura artinya scripture alone, hanya Alkitab. Hal ini berarti hanya Alkitablah yang menjadi standar bagi kita, karena Alkitab tidak mengandung kesalahan dan tidak bersalah. Alkitab juga memiliki otoritas, kecukupan, dan kejelasan untuk mendidik kita. Dengan demikian hanya melalui Alkitablah kita dapat mengenal Allah dan mengenal diri, serta belajar hidup dengan benar di hadapan Allah.

5. Soli Deo Gloria artinya glory to God alone, segala kemuliaan hanya bagi Allah. Ini berarti hanya Allahlah yang layak mendapat segala pujian, hormat, dan kemuliaan sampai selama-lamanya di dalam segala karya-Nya. Hal ini termasuk di dalam karya penciptaan, pemeliharaan, perlindungan, dan bahkan di dalam karya penebusan.

Inilah kelima sola atau kelima pilar yang dipegang Gereja Protestan sejak Reformasi Gereja 500 tahun lalu. Mari kita belajar untuk memikirkan, merenungkan, dan menggali lebih dalam lagi makna dari kelima sola dalam kehidupan kita. (S)